Capaian Pembelajaran Lulusan

SIKAP

S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6 bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S11 Ihsan dan Fastabiqul Khoirot

KETERAMPILAN UMUM

KU1 Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
KU2 mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
KU3 mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
KU4 mampu mengidentifikas ibidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
KU5 mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
KU6 mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
KU7 mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
KU8 mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETERAMPILAN KHUSUS

KK1 Mengembangkan desain atau karya dalam bidang pendidikan matematika dan mengimplementasikannya untuk mengatasi permasalahan Pendidikan matematika.
KK2 Menguasai, mengembangkan, dan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika yang integrative dan berorientasi pada pemanfaatan lingkungan keseharian peserta didik berbasis kearifan lokal.
KK3 Menguasai, mengembangkan, dan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika yang integrative dan berorientasi pada pemanfaatan lingkungan keseharian peserta didik berbasis kearifan lokal.
KK4 Menyusun dan mengkomunikasikan ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik tentang Pendidikan matematika kepada masyarakat dalam berbagai media sesuai etika akademik.
KK5 Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan dalam bentuk laporan praktik pembelajaran atau penelitian atau pengabdian melalui kolaborasi dengan kolega atau antar lembaga
KK6 Mengidentifikasi kasus dan atau isu Pendidikan matematika, merancang pemecahan kasus, dan melaporkan secara mandiri berdasarkan pengalaman lapangan melalui pemikiran secara logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif.
KK7 Mampu menyusun, mengembangkan, dan mengimplementasikan pengetahuan dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan di bidang Pendidikan matematika.

PENGETAHUAN

P1 Menguasai konsep, prinsip, teori matematika dan pembelajarannya, dan menerapkannya dalam system pembelajaran matematika yang terintegrasi dengan sains, teknologi, rekayasa berbasis kearifan lokal.
P2 Mengembangkan dan menerapkan system manajemen pembelajaran matematika yang inovatif dan kreatif berbasis kearifan lokal dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
P3 Menguasai teori dan konsep bahan ajar matematika dan menerapkannya untuk mengembangkan bahan ajar yang integrative dan berorientasi pada kearifan lokal.
P4 Menguasai teori pedagogi dan andragogi dan konsep teoritis pengetahuan dalam bidang pendidikan matematika dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika
P5 Merancang dan melaksanakan penelitian di bidang Pendidikan Matematika serta mendeseminasikan karya ilmiah hasil penelitian pada forum ilmiah dan/atau jurnal nasional atau internasional dengan mengikuti kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
P6 Memiliki landasan pengetahuan yang kuat dalam konten, pedagogis, dan teknologi untuk menghasilkan karya inovatif dalam bidang Pendidikan matematika melalui penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat

 

P7 Menguasai isu terkini tentang Pendidikan matematika dan penerapan teori disiplin lain yang relevan
NoProgram Learning Outcome (PLO)
1Menginternalisasi nilai-nilai dan norma islami serta etika akademik
2Mampu memahami, menjelaskan, dan mengembangkan hakikat filsafat Pendidikan matematika
3Mampu mengembangkan konsep keilmuan matematika untuk memecahkan masalah matematika dengan mengintegrasikan teknologi, nilai-nilai islami, dan kearifan lokal melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
4Mampu mengembangkan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika untuk memecahkan masalah pembelajaran matematika dengan mengintegrasikan teknologi, nilai-nilai islami, dan kearifan lokal melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
5Mampu mengelola riset dan pengembangan dalam bidang Pendidikan matematika yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.
6Mampu mengkomunikasikan hasil pengembangan konsep keilmuan matematika melalui karya inovatif
7Mengembangkan system manajemen pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran matematika.
8Mengembangkan bahan ajar matematika berbasis multimedia dengan mengintegrasikan nilai-nilai islami dan kearifan lokal.
9Mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif dan kreatif dalam pembelajaran matematika berbasis STEM dan Realistik di sekolah menengah.